Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Tindakan Para Komunitas untuk Menjaga Hutan & Mencegah Perubahan Iklim

Gambar: Pixabay

Belakangan ini semua orang merasakan kalau setiap hari, rasanya selalu panas! Bahkan sekalipun lagi hujan deras, hawa panas itu tetap terasa, apalagi kalau lagi berada di dalam rumah atau ruangan yang tertutup. Kamu juga rasa gitu nggak? 

Sebenarnya kita nggak perlu heran soal ini lagi, karena berdasarkan pengamatan yang memakan waktu selama bertahun-tahun, kita tau kalau iklim mengalami perubahan dalam 50 tahun terakhir menjadi jauh lebih panas seperti dalam gambar berikut.

Gambar: Komunitas Hutan Itu Indonesia

Dampak akibatnya bukan main. Bumi jadi mengalami kekeringan seperti tanah menjadi tandus yang mana menyebabkan tanaman mati atau kurang subur sehingga kita kekurangan sumber pangan (berbahaya bukan?). Belum lagi es di kutub bumi juga mencair, yang mana ini bisa menyebabkan air laut naik ke permukaan dan menenggelamkan bumi. Bayangin kota kebanjiran air laut setinggi gedung-gedung di Jakarta, apa kita masih bisa hidup kalau begitu?

Sebenarnya dampaknya masih banyak lagi, kayak menambah nyamuk dan banjir. Kalau terus masalah iklim ini terus dibiarkan, dampaknya bisa sampai mengancam kehidupan kita atau menyebabkan banyak kematian. Makanya kita butuh hutan untuk mencegahnya. 

Manfaat Hutan Bagi Iklim

Hutan bagaikan senjata ampuh untuk melawan kerusakan iklim. Karena pohon-pohon di hutan yang terjaga mampu menyerap dan menyimpan emisi karbon yang berasal dari asap transportasi atau listrik yang menggunakan bahan baku batu bara. Emisi karbonlah salah satu penyumbang terjadinya kerusakan iklim.  

Selain itu pohon juga mampu melepas oksigen untuk manusia, sehingga bermanfaat pula untuk manusia. Tapi, pohon di hutan tua tak terawat bisa memberi dampak sebaliknya, yaitu melepas karbon yang tersimpan secara bertahap saat mereka membusuk. Jadi hutan perlu selalu dirawat.

Ingat, hutan bukan hanya sekedar berisi pohon-pohon yang bisa mencegah dampak perubahan iklim, tapi hutan itu biodiversity. Sayangnya, penebangan dan kerusakan hutan, bikin hutan di Indonesia berkurang sekitar 3,5x pulau Bali dalam lima tahun terakhir padahal Indonesia sendiri hanya punya 50% daratan dari wilayahnya. 

Gambar: Komunitas Hutan Itu Indonesia

Jadi hutan semakin perlu dijaga dari salah penggunaan agar kita tetap punya hutan yang terjaga untuk mencegah terjadinya perubahan iklim yang bersifat merusak. 

Tindakan Para Komunitas Penjaga Kelestarian Hutan

Nah menyadari kalau ini bukan soal yang sepele dan harus ada yang segera ambil tindakan, ada beberapa yang membuat komunitas peduli lingkungan, seperti Hutan Itu Indonesia atau disingkat HII dan juga komunitas aku bergabung #EcoBloggerSquad. Berkat kehadiran komunitas-komunitas tersebut, ada banyak yang terpengaruh untuk peduli dengan lingkungan khususnya hutan demi mencegah perubahan iklim.

Apa saja tindakan yang diambil? Dari komunitas Hutan Itu Indonesia (HII), mereka membuat event-event yang membuat orang jadi lebih kenal dan dekat dengan hutan contohnya lomba lari di hutan, jamuan atau webinar. 

  1. kita diajarkan bisa menjalankan 5 panggilan aksi (call to action), yakni…
  2. cerita tentang hutan
  3. wisata ke hutan
  4. donasi adopsi hutan
  5. konsumsi hasil hutan bukan kayu (contohnya buah hutan atau madu)
  6. merayakan hari hutan Indonesia

Gambar: Komunitas Hutan Itu Indonesia

Untuk mendukung gerak mereka terus menjaga hutan, kita bisa berdonasi di website mereka hutanitu.id/donasi, sehingga mereka bisa terus menyelenggarakan event yang berfungsi menyebar luaskan tentang hutan dan merawat hutan.

Selain itu dari komunitas Selaras (Sentra Ekonomi Lestari Serasan Sekate) juga menjaga hutan lewat menggunakan hasil hutan (bukan kayu pohon hutan) seperti gambir untuk dijadikan pewarna alami kain gambo sehingga ini bisa menambah ekonomi warga sekitar hutan.

Dan komunitas Eco Blogger Squad ikut andil berupaya menyebarkan kampanye pentingnya jaga hutan dan iklim lewat artikel dan media sosial seperti artikel ini. 

Jadi para komunitas peduli lingkungan berupaya menjaga hutan dan lingkungan kita demi menjauhkan perubahan iklim yang bisa terjadi di masa depan. Semua orang yang sadar pentingnya hal ini, melakukan sebisanya untuk mencegah. 

Kita juga bisa ikut mengurangi kemungkinan perubahan iklim kalau kita mau menjaga hutan dan mengurangi kerusakan lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan atau mengurangi penggunaan transportasi yang bisa menghasilkan emisi karbon. Apa pun itu, mari kita jaga iklim bumi kita!

11 komentar untuk " Berbagai Tindakan Para Komunitas untuk Menjaga Hutan & Mencegah Perubahan Iklim"

  1. Coba aj sekali main ke hutan atau taman wisata alam, kebanyakan pasti nagih.

    Nah ini bisa jadi salah satu aksi untuk usaha mencintai lingkungan. Berawal dari jatuh cinta/ menyukai alam lama2 akan ada keinginan untuk menjaganya

    Semoga alam kita tetap lestari

    BalasHapus
  2. Menjaga kelestarian hutan butuh kolaborasi dan partisipasi bersama, dalam menangani perubahan iklim yang tentu akan membawa dampak lebih besar bagi semua orang, terutama bagi generasi masa mendatang

    BalasHapus
  3. Pengingat buat semua untuk ikut serta jaga iklim bumi kita , dengan tindakan sederhana pun bisa!

    BalasHapus
  4. Benar sekali, Mbak. sekarang saja cuaca terik dan udara panas. Padahal kemarin Depok lumayan turun hujan. Tapi memang sudha terjadi perubahan iklim. Jadi memang ada tindakan nyata untuk mengurangi emisi karbon. Pastinya harus terus menjaga lingkungan dan merawat hutan.

    BalasHapus
  5. bagus banget tulisannya, semoga semakin banyak tulisan dengan tema lingkungan
    Sesudah tinggal di pinggiran kota yang masih banyak hutannya
    Kerasa banget pentingnya hutan
    tanaman di bawah pohon tetap hijau dan segar walau berminggu2 tidak hujan

    BalasHapus
  6. Memang harus kita yang berperan dalam atasi perubahan iklim ini, tapi ya gak sendirian juga, kudu bareng² jadi geraknya lebih cepat ya

    BalasHapus
  7. Kalau melihat banyaknya manfaat hutan, sudah sepantasnya kita meyakini bahwa hutan adalah kehidupan kita. Merusak hutan sama saja merusak kehidupan sendiri. Tapi sayangnya masih banyak yang nggak sadar, ya.

    BalasHapus
  8. 5 Call to Action yang bermakna banget ya. Bisa menjalankan salah satunya secara konsisten aja tentunya akan sangat membantu keterbelangsungan kehidupan hutan kedepannya. Salut untuk Eco Blogger Squad yang terus menerus melakukan sesuatu yang bermanfaat buat lingkungan.

    BalasHapus
  9. Saya senang sih banyak campaign tentang menjaga hutan.
    Karena pernah melihat langsung bagaimana hutan jadi gundul karena ulah manusia.

    Lalu, bagaimana dampaknya ketika hujan turun.
    Banjir di mana-mana, binatang buas yang biasanya ada di hutan sampai masuk perkampungan loh

    BalasHapus
  10. tentu kita semua bisa ambil peran ya.
    karena kelestarian bumi adalah tanggung jawab bersana.
    jangan sampai climate change bikin bahaya

    BalasHapus
  11. Hutan memang merupakan aset yang penting untuk bumi ini. Saya juga mulai untuk mencoba menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah, tidak memakai alat makan sekali pakai dan masih banyak lagi. Kalo bukan kita yang menjaga bumi siapa lagi kan?

    BalasHapus