Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Besar Idham, Demi Wujudkan Teknologi Kapal Pembersih Sampah

 

Gambar: Satu Indonesia

Sampah yang bertebaran dimana-mana membuat bumi jadi kotor dan tercemar. Karena itu, kita perlu memungut sampah-sampah ke satu tempat dan mengolahnya. Tapi itu membutuhkan banyak tenaga kerja manusia, waktu dan peralatan. 

Itu akan jadi semakin parah, kalau kita harus mengumpulkan sampah di tempat yang sulit seperti perairan terutama di tepiannya. Biasanya, di tepian air terdapat lebih banyak sampah yang bisa mencemari air, sumber daya manusia. Permasalahan sampah ini biasanya sering terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta.

Memikirkan tentang hal ini, Idham Aulia M. Basir yang berasal dari keluarga peneliti dan sejak kecil sudah biasa melihat beragam uji coba teknologi, terpikirkan solusinya sewaktu masih menjadi seorang mahasiswa Teknologi Kelautan di Institut Teknolog Surabaya (ITS). 

Yaitu menciptakan "The Ganers" bersama keempat temannya. The Ganers adalah sebuah kapal pembersih sampah yang mampu membersihkan sampah sampai ke perairan dangkal seperti di Teluk Jakarta. Karena selama ini Idham mengamati, kapal tanker yang biasa digunakan untuk membersih sampah perairan di Indonesia, tidak bisa beroperasi di perairan dangkal. 

Idham berharap terciptanya The Ganers bisa membersihkan banyak perairan dangkal di Indonesia sehingga mengurangi resiko pencemaran udara. Dengan ide yang luar biasa itu, Idham yang lahir di Makassar dan bercita-cita menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan mencoba mematangkan idenya dengan mencari kritikan dan masukkan lewat ikut-ikut banyak lomba. 

The Ganers nantinya akan dibuat dengan lambung tengah yang terbuka dan bisa memerangkap sampah serta mengolahnya di kapal itu pula, sambil dijalankan menggunakan remote sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja manusia dan efisien. Akhirnya dibuat bentuk kecilnya dengan menggunakan dana bantuan Program Kreativitas Mahasiswa. 

Meski pada akhirnya The Ganers belum bisa diproduksi sampai sekarang karena terkendala biaya pembuatan yang bisa mencapai ratusan juta, tapi usaha Idham dan teman-teman memantapkan ide mereka dengan ikut lomba dan cari dana bantuan agar bisa terealisasi walau dalam bentuk kecil patut diapresiasi.

Semoga nanti versi besar The Ganers benar-benar bisa terwujud, sehingga bisa membersihkan perairan secara besar-besaran.

Posting Komentar untuk "Usaha Besar Idham, Demi Wujudkan Teknologi Kapal Pembersih Sampah"